bobby nasution

Pengembangan Kepemimpinan

Ada banyak buku yang sedang ditulis sekarang ini yang berusaha menjawab pertanyaan tentang apa yang membuat seorang pemimpin yang baik. Tidak banyak argumen bahwa pemimpin memiliki berbagai karakteristik, keterampilan, dan kemampuan yang membuatnya menonjol sebagai pemimpin. Dan, ada banyak kesepakatan bahwa dalam situasi yang berbeda seorang pemimpin yang efektif akan menggunakan pendekatan berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pemimpin yang Baik Ada tiga hal tentang kepemimpinan, terlepas dari situasi, posisi, atau peran yang universal. Ketika Anda menjelajahi karakteristik kepemimpinan ini, pikirkan tentang kepemimpinan dalam organisasi Anda dan apa peluang pengembangan bagi mereka.

Ciri pertama adalah seorang pemimpin mendapat hasil. Pada akhirnya, intinya adalah apakah pekerjaan selesai atau tidak. Pemimpin adalah orang yang menyelesaikan pekerjaan. Seorang pemimpin tidak dihentikan oleh keadaan atau hal lain di luar kendali mereka. Ambil bobby nasution apa yang ditangani dan wujudkan. Dalam mencapai hasil, pemimpin yakin bahwa hasil akan tercapai. Beberapa tahun yang lalu, seorang pelatih bola basket profesional diwawancarai sebelum pergi ke ruang ganti untuk setengah waktu. Timnya memainkan babak pertama yang menyedihkan dan tertinggal 28 poin. Pelatih mengatakan timnya tidak bermain sebaik mereka mampu bermain dan dia akan membahas hal ini di ruang ganti. Untuk menutup wawancara dia mengatakan bahwa timnya akan kembali dan memenangkan pertandingan ini. Dan timnya berhasil! Pemimpin tidak pernah ragu,

Hal kedua yang dilakukan seorang pemimpin adalah mendapatkan hasil melalui orang-orang. Seorang pemimpin menyadari bahwa tujuan utama tidak dapat dicapai melalui upaya satu orang. Sementara pemimpin adalah seorang pekerja keras, pemimpin juga mampu menginspirasi orang lain untuk bekerja keras juga. Pemimpin memiliki kemampuan untuk menetapkan arah dan melibatkan orang lain untuk menuju ke arah itu. Dwight Eisenhower berkata: “Kepemimpinan adalah seni membuat orang lain melakukan sesuatu yang Anda ingin lakukan karena dia ingin melakukannya.” Kualitas seorang pemimpin ini adalah salah satu yang terpenting. Seseorang yang ingin menjadi pemimpin perlu terus mengembangkan keterampilan ini.

Terakhir, seorang pemimpin membuat perbedaan. Dengan kata lain, apa yang diselesaikan tidak akan selesai jika pemimpinnya tidak ada di sana. Mencapai tujuan dan hasil bukanlah suatu kebetulan. Hasil hanya muncul ketika pemimpin muncul. Anda bisa memiliki banyak talenta dalam tim, tetapi jika Anda tidak memiliki kepemimpinan, talenta tidak akan bersatu untuk mencapai target.

Singkatnya, banyak keterampilan dan atribut yang menjadikan seorang pemimpin. Semua atribut dan keterampilan ada di dalam tiga hal yang telah saya uraikan di atas. Hal yang sebenarnya didapat dari ini adalah bahwa pemimpin tidak dilahirkan. Mereka dikembangkan. Jadi jika organisasi atau tim Anda tidak mencapai hasil yang Anda inginkan, lihat kepemimpinan dan tentukan apa yang hilang dari kotak peralatan pemimpin dan bantu mereka mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berhasil.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *