Olahraga

Kecepatan Berenang Kritis

Saat membeli atau meminjam program renang atau saat mengikuti jalur pelatih di kolam renang lokal, pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti semua ‘jargon’? Pernah bertanya-tanya bagaimana para pelatih dan perenang sama-sama tahu cara mengatur kecepatan dan pada intensitas apa mereka harus berlatih? Terlepas dari jarak mil yang tak berujung di kolam, dan satu hingga tiga jam per minggu pelatihan darat, bagaimana mereka mencapai waktu split, kecepatan balapan, rasio istirahat berenang dan bagaimana mereka membuatnya terlihat begitu mudah?

Berenang dalam hal ini tidak jauh berbeda dari banyak olahraga, apakah Anda rekreasi, klub, triatlet atau perenang elit, semuanya bermuara pada hal yang sama saat Anda berenang.

o Teknik Stroke

o Jumlah pukulan

o Pengkondisian aerobik

o Daya tahan anaerobik

o Pelatihan Tanah

o Jarak tempuh di kolam renang

o Jenis stroke

Banyak dari kita telah mencoba dan mati saat mencoba berenang 400m langsung, banyak dari kita bertanya-tanya apa arti “toleransi laktik darah awal”, serta “istirahat berenang”. Jangan takut, dalam tes ini, kita akan melihat tes kecepatan berenang kritis, siapa yang bisa melakukannya, dan apa yang perlu Anda lakukan (selain paru-paru besar).

Tes ini dirancang oleh E Ginne pada tahun 1993 dan digunakan oleh para pelatih dan perenang untuk menguji aerobik yang dapat dipertahankan. Dari hasil pengujian, Ginne menyimpulkan bahwa waktu latihan dapat dihitung dan diatur untuk perenang menggunakan kalkulasi unik / spesifiknya. Ini berarti bahwa perenang dapat berlatih tepat di bawah “kecepatan balapan” atau “ambang laktat” untuk memberinya nama lain.

Siapa yang bisa melakukannya?

o Siapapun yang ingin meningkatkan kapasitas renang aerobiknya

Apa yang saya butuhkan

o Akses kolam renang tidak masalah pada ukurannya meskipun 25m atau 50m adalah yang terbaik

o Berhenti berjaga

o Mate untuk bertindak sebagai penghitung putaran

o Stopwatch

o Kalkulator

Kriteria Tes

o Harus dari “push start”; tidak diperbolehkan menyelam

o Perenang harus dibiarkan pulih sepenuhnya dari setiap berenang

o Catat waktu untuk setiap berenang dalam detik dan lagi dalam menit (untuk membandingkan perhitungan Anda)

o Hitung CSS dengan metode yang disetujui

Eksekusi tes

o Dua kali berenang lebih dari 400m

o Dua kali berenang lebih dari 50m.

Metode terbaik adalah berenang 400m kemudian istirahat, kemudian berenang lagi 50m, setelah periode pemulihan, uji coba lagi.

Metode kalkulasi untuk ujian

o D1 adalah 50m

o D2 adalah 400m

o T1 adalah waktu lebih dari 50m yang direkam dalam hitungan detik

o T2 adalah waktu lebih dari 400m yang direkam dalam hitungan detik

Jadi efektif perhitungannya begini

CSS = (D2 – D1) ÷ (T2 – T1)

Contoh penghitungan

Flipper berenang 50m dalam 35 detik dan 400m dalam 297 detik

CSS = (400-50) / (297-31)

CSS = 350/262

CSS = 1.32metres / detik

Apa sekarang?

Di sinilah kita memikirkan kembali pelajaran 1 tentang analisis dan apa yang perlu kita lakukan

o Tes

o Susun

o Analisis

o Diskusikan

o Menyebarluaskan

o Menerapkan (persyaratan pelatihan, dll.)

Ingat hasil tes harus dianalisis tetapi hanya dapat dibandingkan dengan tes CSS sebelumnya. Dengan pengkondisian yang benar, pelatihan dan teknik pukulan di antara tes, indikasi akan ditemukan yang memungkinkan peningkatan kapasitas aerobik Anda atau kegagalan dalam rezim latihan Anda.

Setelah menyusun dan menganalisis hasil tes, bagaimana kita bisa memasukkan hasil ke dalam jadwal pelatihan kita? Nah itulah bagian yang mudah. Kami dapat menggunakan hasilnya untuk menentukan waktu pelatihan kami.

Contoh

Bob diharuskan berenang 6 x 400m, sehingga waktunya bisa dihitung sebagai berikut

400m waktu pelatihan = Jarak / CSS

Bob memiliki CSS 1,35 meter per detik, perhitungan selanjutnya adalah sebagai berikut

400 / 1,35 = 296,3 detik = 4 menit 56,3 detik setiap renang 400m

Jadi, bagaimana kita tahu itu bekerja dengan baik? Reliabilitas tes akan bergantung pada kriteria tes dan komitmen atlet dan banyak faktor lain seperti yang dibahas sebelumnya dalam pelajaran 1. Tes itu sendiri (CSS) telah terbukti menjadi ukuran yang valid dan dapat diandalkan untuk mengukur kapasitas aerobik perenang; itu telah diuji secara ketat oleh penemunya, yang menentukan bahwa CSS untuk perenang adalah sekitar 80 hingga 85% dari kecepatan renang maksimum 100m dan 90 hingga 95% dari kecepatan renang 400m.

Tes ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan kebugaran aerobik Anda dan memasukkan hasilnya ke dalam program pelatihan Anda. Ingat, pengujian harus selalu dilakukan sedekat mungkin dengan pengujian sebelumnya dan pengujian yang berlebihan dapat memberikan hasil yang buruk. Setiap 6 minggu sudah cukup untuk menguji apakah program dan pelatihan Anda maju atau tidak.

Brian Fernie (Dip PT, FIOS) adalah pendiri, Direktur, dan pemilik TOD Coaching LTD Perusahaan Pelatihan Pribadi Premier Skotlandia dan Bikini Bootcamp ® dia juga seorang pelatih pribadi dan pelatih triathlon yang sangat dihormati.

Ginne, E. “Penerapan uji daya kritis untuk program pelatihan renang dan berenang” (1993) Pusat Penelitian Olahraga Nasional.

Internet Brainmac

Ginne, E. “Kecepatan kritis dan intensitas pelatihan untuk renang” (1993) Komisi Olahraga Australia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *